Kabar BMI

2 Kejadian Tragis Tewaskan Pekerja Migran di Taiwan, 1 Terlilit Mesin, Lainnya Ditabrak Rekan Sendiri Pakai Alat Berat

×

2 Kejadian Tragis Tewaskan Pekerja Migran di Taiwan, 1 Terlilit Mesin, Lainnya Ditabrak Rekan Sendiri Pakai Alat Berat

Sebarkan artikel ini

Pingtung, 1 Desember 2023 – Sebuah tragedi mengerikan terjadi di area industri Pingtung setelah terjadi kecelakaan yang merenggut nyawa seorang pekerja migran di sebuah pabrik beton yang berlokasi di Jalan Industri Dua. Insiden tersebut terjadi pada pukul 14.00 waktu setempat ketika seorang pekerja berkebangsaan Vietnam, berusia 40 tahun, mengalami nasib tragis terjebak di bawah conveyor belt pabrik, menyebabkan korban meninggal dunia.

Kronologis kejadian masih belum jelas, namun laporan dari petugas pemadam kebakaran menyebutkan bahwa pekerja migran tersebut tiba-tiba terseret ke bawah conveyor belt pasir dan kerikil, menyebabkan kondisi yang mengancam nyawa. Meskipun upaya penyelamatan segera dilakukan oleh petugas pemadam yang tiba di lokasi dengan cepat setelah menerima laporan, korban sudah dalam kondisi tidak bernyawa ketika berhasil dievakuasi dari bawah mesin tersebut.

Iklan

Saat petugas medis dan pemadam tiba di lokasi kejadian, mereka menggunakan peralatan pemecah dan melakukan upaya keras untuk membebaskan korban dari mesin yang menekannya. Namun, usaha penyelamatan tersebut tidak berhasil menyelamatkan pekerja migran tersebut.

Sementara itu, dalam peristiwa terpisah di Kaohsiung Bridge, sebuah kecelakaan lain terjadi di lokasi konstruksi. Seorang pekerja lainnya juga kehilangan nyawanya setelah tidak sengaja tertabrak oleh rekan kerjanya yang sedang menggunakan alat berat untuk pekerjaan di area tersebut.

Dalam respons terhadap kejadian ini, otoritas terkait segera melakukan tindakan tegas dengan menghentikan sementara aktivitas kerja di lokasi kecelakaan untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut. Dinas Tenaga Kerja setempat juga memberlakukan denda maksimal hingga 30 juta NT atas dugaan pelanggaran terkait dengan Hukum Kesehatan dan Keselamatan Kerja di tempat kerja.

Kedua peristiwa tragis ini menyoroti pentingnya kepatuhan terhadap standar keselamatan kerja di lingkungan industri dan mendorong pentingnya tindakan pencegahan serta kesadaran akan keselamatan bagi para pekerja di berbagai sektor. Proses investigasi lebih lanjut sedang dilakukan untuk memahami lebih dalam kronologi kejadian serta memastikan langkah-langkah preventif yang lebih efektif untuk mencegah terulangnya insiden serupa di masa depan.