Ruang Baca

Cara Kirim uang Dari Luar Negeri ke Indonesia, Nomor 3 Dijamin Paling Mudah!

×

Cara Kirim uang Dari Luar Negeri ke Indonesia, Nomor 3 Dijamin Paling Mudah!

Sebarkan artikel ini

Terkadang permasalahan yang sering kita hadapi dengan bekerja di luar negeri sebagai PMI (Pekerja Migran Indonesia) adalah bagaimana kirim uangnya? Mahal tidak ongkos kirimnya?

Ada tiga cara yang bisa kamu coba buat kirim uang dari luar negeri seperti dari Taiwan, yaitu lewat remitansi, aplikasi pengiriman uang, dan Yourpay. Lalu, bagaimana cara pakai keduanya dan apa kelebihan serta kekurangannya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Iklan

Remitansi

Remitansi adalah wadah untuk pengiriman uang dari luar negeri ke Indonesia maupun sebaliknya. Tujuan pengiriman uang dengan remitansi bisa ke rekening bank maupun kantor pos. Lalu bagaimana cara kirimnya?

Biasanya PMI diminta datang ke toko atau warung yang menyediakan jasa remitansi, kemudian tinggal datang mengisi formulir melalui kasir dan kasir akan langsung membantu proses pengiriman. 

Namun, lamanya proses bergantung pada metode pengiriman uang remitansi tersebut, prosesnya kurang lebih memakan waktu 10 menit, namun baru bisa diterima dalam waktu 1-3 jam.

Aplikasi Pengiriman Uang

Selain remitansi yang harus datang langsung ada juga aplikasi pengiriman uang. Di sini jika ingin mengirim uang, PMI akan diminta men-download aplikasi untuk mengirimnya.

Jika sudah men-download, penggunanya bakal diminta untuk mengisi nominal uang yang akan dikirim, kemudian akan diberikan barcode yang harus di-scan melalui minimarket yang diajak kerja sama. Jika sudah di-scan, uang pun langsung masuk ke rekening penerima.

Sayangnya, metode ini cenderung membebankan biaya ongkir yang mahal dan terkesan kurang karena aplikasi namun hanya bisa satu kegunaan yaitu pengiriman uang.

YOURPAY

Berbeda dengan aplikasi pengiriman uang, Yourpay memiliki banyak sekali manfaat. Yourpay adalah aplikasi dompet digital yang bisa digunakan di tiga negara sekaligus, yaitu Taiwan, Indonesia, dan Hong Kong.

Yourpay tidak hanya bisa digunakan untuk kirim uang, namun juga bisa untuk beli pulsa, bayar tagihan bulanan, bayar belanja toko online Indonesia, pengajuan kredit motor, dan masih banyak lagi.

Yourpay dapat dipakai siapa saja, tanpa harus memiliki rekening bank cukup daftar dengan kartu identitas Indonesia dan juga kartu identitas yang didapat di negara tempat tinggal saat ini. Jika sudah, Yourpay bisa dipakai kapan pun dan di mana pun.

Yourpay juga telah bekerja sama dengan berbagai mitra di luar negeri, untuk di Taiwan, isi saldo Yourpay bisa melalui Family Mart, Seven Eleven, OK Mart, dan Hi Life. Untuk di Indonesia bisa melalui Rekening Bank, Alfamart, dan Alfamidi.

Bagaimana cara daftar Aplikasi Yourpay? 

Sebelum melakukan kirim uang. Mari kita simak dulu bagaimana cara mendaftar aplikasi Yourpay.

  1. Download aplikasi Yourpay di https://yourpay.info/DownloadYourpay
  2. Klik Daftar Akun dan isi data diri yang diminta
  3. Lengkapi verifikasi dengan melampirkan foto diri dan foto kartu identitas baik itu kartu identitas di Indonesia maupun negara tempat saat ini tinggal
  4. Jika verifikasi kamu sudah disetujui, kamu sudah bisa mulai mengirimkan uang dengan Yourpay

Bagaimana cara isi saldo Yourpay?

Setelah berhasil mendaftar dan verifikasi aplikasi Yourpay, kamu harus memastikan saldo Yourpay kamu cukup agar bisa melakukan kirim uang. Lalu bagaimana cara isi saldonya? Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Buka aplikasi Yourpay kemudian masuk ke fitur Isi Saldo.
  2. Pilih Mitra di Luar Negeri kemudian pilih negara tempat kamu saat ini berada, antara Hong Kong, dan Taiwan.
  3. Masukkan jumlah uang yang mau kamu isi dan klik Lanjutkan.
  4. Datang ke tempat isi saldo yang paling dekat dengan tempat tinggal kamu.
  5. Tunjukkan barcode ke kasir kemudian bayar, saldo Yourpay kamu pun sudah terisi

Bagaimana cara kirim uang melalui aplikasi Yourpay?

  1. Buka Yourpay dan masukkan 6 digit PIN.
  2. Pilih menu ‘Transfer’ dan Rekening Bank’.
  3. Kemudian ‘Pilih Bank’ dan masukkan nomor rekening serta jumlah uang yang akan dikirim.
  4. Jika sudah benar, klik konfirmasi dan masukkan PIN, uangmu pun langsung berhasil terkirim.

Bagaimana cara kirim uang ke sesama pengguna Yourpay?

  1. Buka Yourpay dan masukkan 6 digit PIN.
  2. Pilih menu ‘Transfer’ dan ‘Pengguna Yourpay’.
  3. Masukkan nomor tujuan serta jumlah uang yang akan dikirim.
  4. Jika sudah benar, klik konfirmasi dan masukkan PIN, uangmu pun langsung berhasil terkirim.

Untuk info lebih lanjut terkait Yourpay bisa hubungi:

Setiap Hari 07:00 – 24:00 WIB

Chat di fitur bantuan aplikasi Yourpay

CS Taiwan: +6282180007622 / +886966986405