Ruang Baca

Ini Persyaratan Menjadi TKW Taiwan, Gajinya Rp12 Juta per Bulan

×

Ini Persyaratan Menjadi TKW Taiwan, Gajinya Rp12 Juta per Bulan

Sebarkan artikel ini

Ini persyaratan menjadi TKW Taiwan menarik untuk diulas. TKW merupakan singkatan dari tenaga kerja wanita (TKW) ini menjadi jenis pekerjaan yang diminati. Hal ini dikarenakan gaji TKW sendiri sangat tinggi yakni bisa Rp12 juta per bulan.

Adapun Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, mengatakan bahwa terakhir kali terjadi kenaikan gaji TKI / PMI sektor domestik di Taiwan pada 2015. Sejak saat itu, gaji TKI / PMI sektor domestik mendapat upah sebesar NTD 17.000. Namun ditahun 2022 ini, gaji naik menjadi 20.000NT belum termasuk kerja di hari libur yang nilainya diatas 2000NT.

Iklan

Kemudian sejak Desember 2018, Kementerian Ketenagakerjaan secara intens terus mengupayakan penyesuaian gaji TKI / upah PMI Sektor Domestik di Taiwan melalui Kamar Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipe (KDEI/IETO).

“Kemnaker juga terus berupaya menyuarakan kepentingan Indonesia, khususnya mendorong Otoritas Taiwan untuk mempertimbangkan secara positif penyesuaian upah PMI yang tidak mengalami perubahan sejak 2015,” kata Menaker Ida Fauziyah seperti dikutip dalam laman resmi Kemnaker.

  1. Harus Memiliki Skill (Kemampuan)

Salah satunya membentuk skill hingga kompetensi sumber daya manusia (SDM) agar siap menghadapi permintaan tenaga kerja dari negara asing. Sebab, Taiwan merupakan negara yang sangat kreatif.

  1. Cari Perusahaan Pengiriman TKW yang Resmi

Anda bisa cari informasi di Depnaker, di internet atau bertanya kepada teman-teman yang sudah pernah atau sedang bekerja ke luar negeri. Hati-hati tertipu oleh agen-agen TKI yang tidak bertanggung jawab. Dan jangan langsung percaya hanya melalui iklan atau brosur tentang iming-iming kerja di Taiwan tanpa dicek kebenarannya terlebih dahulu.