Ruang Baca

Perang Tidak Sehat Ekspedisi Pengiriman TKI Karena Kasus Bea Cukai, Tidak Ada Jasa Pengiriman yang Aman 100%, Yang Ada Adalah TKI Cerdas Paketan Selamat

×

Perang Tidak Sehat Ekspedisi Pengiriman TKI Karena Kasus Bea Cukai, Tidak Ada Jasa Pengiriman yang Aman 100%, Yang Ada Adalah TKI Cerdas Paketan Selamat

Sebarkan artikel ini

Dunia bisnis memang kejam apalagi jika terjadi persaingan tidak sehat didalamnya dimana dalam bisnis yang sama dengan menyasar pelanggan yang sama seperti kasus ekspedisi pengiriman TKI.

Baru baru ini, banyak sekali paketan TKI yang dibongkar pihak bea cukai karena ditengarai melanggar aturan atau ada biaya pajak yang harus dibayarkan.

Hampir semua jasa ekspedisi khususnya di Taiwan terkena dampak ini, dan hanya beberapa yang tidak muncul di permukaan karena sudah diredam sejak dini agar tidak viral.

Nah dengan adanya kasus ini, saat ini banyak sekali promo jasa ekspedisi yang mengaku jasa miliknya aman 100%, tidak dibongkar dan tidak di odol odol atau dengan jalur yang berbeda.

Perlu teman teman ketahui semuanya, jika jasa ekspedisi resmi, semuanya menggunakan jalur resmi negara, semua akan melewati bea cukai, jika tidak melewati bea cukai, maka jasa tersebut adalah tidak resmi alias selundupan.

Jika isi paketanmu didalamnya terdeteksi xray ada barang mencurigakan, apapun merek ekspedisinya, bakal diperiksa pihak bea cukai dengan disaksikan oleh perwakilan ekspedisinya.

Jika harus ada pajak yang dibayar, maka bayarnya ke rekening penerimaan negara bukan ke rekening penerimaan perorangan.

Jadi yang perlu diperbaiki adalah bukan mencari ekspedisi paling aman, tapi memperbaiki pengetahuan kita agar kita hanya mengirimkan barang barang yang diperbolehkan saja.

Teman teman PMI harus paham dulu apa yang boleh dan apa yang tidak boleh, isi lengkap surat pernyataan pengiriman dan jika sudah memenuhi syarat tapi paketanmu hancur, hilang atau dibobol, maka pihak ekspedisilah yang bertanggung jawab.