Kabar BMI

Perjuangan Berat! TKW Taiwan ini harus Mandikan Ama Akong di Atas Ranjang Karena Sudah Jompo

×

Perjuangan Berat! TKW Taiwan ini harus Mandikan Ama Akong di Atas Ranjang Karena Sudah Jompo

Sebarkan artikel ini
Perjuangan Berat! TKW Taiwan ini harus Mandikan Ama Akong di Atas Ranjang Karena Sudah Jompo
foto: youtube

Menjadi pekerja migran khususnya TKW yang merawat akong dan ama, tidaklah semudah yang dibayangkan oleh semua orang, pasalnya di sektor ini, mereka harus bekerja keras bagai kuda menjaga dan merawat pasien dalam 24 jam.

Kondisi pasien sepenuhnya menjadi tanggung jawabnya, karena mereka dipekerjakan dan digaji untuk hal itu, tidak seperti pekerja pabrik, beginilah salah satu perjuangan berat mereka seperti yang dialami oleh Zee Bee ini.

Iklan

Ia mengatakan kalau majikan yang ia rawat dalam kondisi stroke, semua kegiatannya harus dibantu sepenuhnya olehnya.

“Ama (nenek) itu tidak pernah mandi di kamar mandi setiap hari mandinya cukup di elap saja badannya (Ranjang), soalnya keadaan nenek kayak gini ( Stroke),” Tuturnya dikutip dari akun YouTube milik pribadinya Zee Bee pada Selasa 8 Maret 2022.

Karena kondisi yang demikian, tentu pekerja Zee lumayan berat dan banyak TKW lainnya juga mengalami hal yang sama, bahkan banyak yang lebih berat. Ia mengaku sehari hanya sekali memandikan pasiennya karena kondisi.

“Sekarang jam 03.00 sore saatnya mandi kan nenek, nenek itu mandinya selalu jam 03.00 sore kalau lebih kedinginan kasihan,” katanya.

Biasanya dalam menjaga pasien, mereka para TKW juga harus menyiapkan segalanya, dari makan sampai tidur. Bekerja keras bagai kuda demi keluarga yang ada di Indonesia.

Hal lain yang sering dialami oleh para TKW adalah, jalan jalan, bukan jalan jalan untuk healing melainkan menjalankan pasien dikursi roda agar mereka tahu dan bisa merasakan udara diluar agar tidak stress, karena pasien yang selalu dikurung dalam kamar sering kali bertindak agresif dan kasar.

Nah, bagaimana pengalamanmu menjadi TKW? Menjaga pasien dalam berbagai kondisi? Monggo dikisahkan dalam kolom komentar.