Kabar BMI

10 Orang Meninggal, 4 Hilang Akibat Kebakaran di Pabrik Makanan di Changwa Taiwan, Mayoritas Pekerja Migran

×

10 Orang Meninggal, 4 Hilang Akibat Kebakaran di Pabrik Makanan di Changwa Taiwan, Mayoritas Pekerja Migran

Sebarkan artikel ini

Kebakaran hebat terjadi di sebuah pabrik pengolah makanan ringan Lian Hwa Foods yang dikenal dengan nama brand Viva-Band dan Kerupuk Kacang Koloko Changwa pada pukul 6.45 waktu setempat 25 April hari ini.

Akibat kejadian ini setidaknya 10 orang dilaporkan meninggal dunia dari para pekerja yang ada disana baik dari kalangan pekerja Taiwan maupun pekerja migran dan 4 orang hingga berita ini diturunkan belum ditemukan.

Iklan

Asap tebal yang membakar pabrik membuat para pekerja didalam pabrik tersebut terjebak dan tidak bisa menyelamatkan diri.

Api dapat dikuasi oleh tim pemadam kebakaran sekitar pukul 8.30 pagi. 10 Pekerja yang dievakuasi dalam kondisi tak bernyawa dilarikan kerumah sakit Renhe Tianzhong, RS Changhwa, RS Kristen Yuanlin dan juga RS Yuan Rung.

Petugas pemadam kebakaran berusaha mengevakuasi korban yang hilang, namun karena kondisi lantai pabrik yang basah dan licin, sehingga petugas kesulitan menyasar lokasi dalam pabrik.

Departemen Pemadam Kebakaran Kabupaten Changhua setidaknya mengirim total 106 petugas pemadam kebakaran, 31 truk pemadam kebakaran, dan 21 ambulans dari Beidou, Erlin, Xizhou, Tianzhong, Changhua, dan Yuanlin.

Lien Hwa Foods adalah perusahaan publik. Pabrik perusahaan Changhua Country beroperasi 24 jam sehari dengan banyak pekerja di dalamnya saat kebakaran terjadi dini hari tadi. Ada pekerja lokal dan banyak pekerja migran didalamnya.

Hingga berita ini diturunkan, redaksi belum mendapat laporan darimana saja para korban berasal mengingat pekerja migran didalam pabrik ini terdiri dari berbagai negara termasuk Indonesia.