Scroll untuk baca artikel
Kabar Indo

Awas! Minta dan Sebar Video Tak Seronoh TKW Viral di TikTok Bisa Dipenjara

×

Awas! Minta dan Sebar Video Tak Seronoh TKW Viral di TikTok Bisa Dipenjara

Sebarkan artikel ini

Sebuah video viral di TikTok bikin heboh netizen di Tanah Air. Pasalnya video tersebut menampilkan seorang diduga adalah Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang tengah beradegan tak senonoh di kamar mandi. Video berdurasi 5 menit 47 detik itu sempat beredar luas di TikTok dan Twitter. Banyak netizen yang mencari link videonya bikin trending di kedua platform media sosial tersebut.

Berdasarkan penuturan warganet, sosok dalam video adalah TKW di Singapura. Ada pula yang mengatakan dia adalah TikTokers berinisial AK.

Kedua hal tersebut belum terkonfirmasi alias masih spekulasi netizen. Tapi terlepas dari itu ada baiknya tidak ikut menyebarkan video viral tersebut.

Sebab bila ikut menyebarkannya kamu bisa terjerat Undang-undang (UU) ITE. Ancamannya tidak hanya denda ratusan juta, tapi juga dipenjara.

Penyebaran konten bermuatan melanggar kesusilaan diatur dalam Pasal 27 Ayat 1 UU ITE Nomor 19 Tahun 2016. Adapun pasal tersebut berbunyi sebagai berikut:

“Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan”.