Scroll untuk baca artikel
Yourpay
--Adv-- banner 728x250
Ruang Baca

Cara menjadi TKI di Hong kong, Taiwan, Singapura, Malaysia dan Lainnya Terbaru

×

Cara menjadi TKI di Hong kong, Taiwan, Singapura, Malaysia dan Lainnya Terbaru

Sebarkan artikel ini

Hai sahabat suarabmi, kali ini redaksi tercinta akan memberikan tips bagi kamu yang akan menjadi TKI diluar negeri. Kamu wajib membaca ini agar nanti tidak menjadi korban sponsor nakal atau bahkan menjadi korban TPPO (tindak pidana perdagangan orang).

Ok, tanpa lama – lama ini adalah tips untuk kalian memantapkan diri menjadi TKI, menjadi pahlawan keluarga kecilmu demi masa depan kamu dimasa mendatang.

Yourpay

Tentukan Niatmu

Sebelum kamu benar benar terjun di dunia TKI, yang pertama adalah niat. Kuatkan niatmu, tentukan niatmu, akan menjadi apa nanti dan tujuan golmu menjadi TKI nanti. Jangan sampai niat menjadi TKI hanya karena ikutan tetangga atau bahkan tanpa tujuan.

Jika niat kamu sudah kuat, maka mantabkanlah dan targetkanlah seberapa lama kamu akan menjadi TKI. Normalnya dalam satu kontrak itu minimal 3 tahun dan bisa diperpanjang sesuai keinginan, tapi ada batasan waktunya juga, seperti di Taiwan misalnya, maksimal hanya boleh 14 tahun saja.

Eitts, jangan terlalu lama, karena LDR kelamaan dengan pasangan biasanya akan menyebabkan kerusakan rumah tangga dan bila masih belum mempunyai pasangan, terlalu lama jadi TKI mengakibatkan terlalu tua dan akan susah juga mencari pasangan kelak saat pensiun.

Negara Tujuan

Nah negara tujuan bisa menentukan kesuksesanmu ya. Kamu mantabkan diri memilih negara tujuan. Kamu bisa mencari informasi terlebih dahulu terkait negara tujuan kamu. Disini admin berikan sedikit gambaran terkait negara tujuan sesuai dengan judul artikel ini.

Hong kong

Negara ini adalah salah satu negara tujuan TKI, banyak teman teman kita disana bekerja. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Kanton, ada juga yang memakai bahasa Mandarin dan Inggris. Gaji bekerja di Hongkong tahun 2022 ini adalah HKD 4.500 (setara 8,2 jutaan rupiah) namun gaji bersih rata – rata hanya bisa menyisihkan 5 sampai 6 juta saja, setelah dikurangi kebutuhan harian dan kebutuhan liburan.

Enaknya bekerja di Hongkong itu sabtu minggu wajib libur dan susahnya terkadang kalau libur kita dilarang tinggal di rumah majikan, disinilah banyak teman teman yang mengeluh habis banyak uang untuk sewa tempat sekedar istirahat dihari libur.

Di Hongkong kebanyakan adalah tenaga kerja wanita, ada beberapa tenaga kerja laki laki namun itu prosesnya rumit dan kebanyakan calling visa, disana menjadi sopir atau gardener.

Taiwan

Taiwan menjadi salah satu negara favorit karena menjadi TKI di Taiwan sama mudahnya menjadi TKI di Hongkong dengan gaji yang lumayan besar dibanding negara – negara lain seperti Singapura dan Malaysia. Di Taiwan, baik cowok maupun cewek bisa menjadi TKI dan khususnya wanita ada 2 pilihan yaitu kerja formal dan informal.

Kerja formal itu seperti di pabrik, panti jompo dan informal itu mengurus pasien dirumah majikan. Sedihnya, kerja informal di Taiwan sering tidak dapat libur, tergantung kondisi majikannya.

Untuk gaji sendiri di Taiwan itu kalau formal gaji pokoknya adalah NT$25.500 atau setara 12jutaan dan kalau informal itu sekitar NT$19.000 atau setara 9,7 jutaan, tentu gaji ini masih gaji kotor belum terpotong kebutuhan harian dan juga belum ditambah lemburan jika ada.

Singapura

Sama seperti Hongkong dan Taiwan, Singapura menjadi pilihan ketiga para PMI untuk mengadu nasib diluar negeri. Bekerja di Singapura lebih enak, karena kebanyakan memakai bahasa Inggris bahkan Melayu sehingga untuk masalah bahasa tidak begitu menjadi masalah.

Untuk masalah gaji sendiri di Singapura para TKI bisa memperoleh gaji kisaran 5 jutaan. Dari Indonesia biasanya yang bisa bekerja di sana adalah para wanita.

Malaysia

Malaysia juga menjadi negara tujuan para TKI baik laki – laki maupun perempuan. Bekerja di Malaysia lebih mudah lagi karena kemiripan bahasa dengan Indonesia, sehingga tidak memerlukan pelatihan bahasa. Untuk masalah gaji, di Malaysia para TKI bisa mengantongi gaji antara 4 sampai 6 juta rupiah tergantung pekerjaannya.

Cara Daftar

Banyak sekali teman teman yang bertanya terkait mendaftar jadi TKI dan bahkan banyak yang tertipu dengan oknum sponsor dalam hal ini.

Nah jika kamu ingin menjadi TKI, caranya adalah mendaftar ke PJTKI terdekat. Kamu bisa lihat list PJTKI resmi terdekatmu dengan menggunakan jasa google. Silahkan ketik¬†‘PJTKI Resmi’¬†dilaman google makan akan muncul sejumlah PJTKI Resmi terdekat dari daerahmu. Seperti ini tampilannya.

PJTKI Resmi
Ini adalah hasil penelusuran untuk PJTKI Resmi menggunakan bantuan google

Nah, kalau kamu sudah mendapatkan PJTKI terdekat, kamu bisa datang kesana dengan membawa rekan, tetangga atau suami. Sebaiknya saat daftar, kamu mmebawa teman dan temanmu itu mengaku sebagai sponsormu, dengan begitu, rekan kamu akan mendapat imbalan yang nantinya bisa kalian bagi berdua.

Nah, sekian dulu ya informasi kali ini, tetap ikuti kami dan pantau ruang baca PMI ini untuk mendapatkan pengetahuan lebih seputar dunia per-TKI-an. Akan kita lanjut pembahasannya di tulisan selanjutnya, kalian bisa bertanya di kolom komentar ya.

Yourpay