Kabar Indo

Gaji Pokok di Taiwan Diprediksi Akan Naik Lagi 4 ~ 5% Tahun Depan, Jadi NT$ 26.659

×

Gaji Pokok di Taiwan Diprediksi Akan Naik Lagi 4 ~ 5% Tahun Depan, Jadi NT$ 26.659

Sebarkan artikel ini

Sedang Dalam Pembahasan Menunggu Keputusan, Ingat Hanya Untuk Sektor Formal

Wah kabar gembira ini untuk sahabat PMI di Taiwan khususnya, karena dalam 5 tahun terakhir ini gaji selalu naik tiap tahunnya, dan kemungkinan besar tahun depan juga akan naik kembali.

Kementerian Tenaga Kerja menyatakan bahwa Komite Peninjau Upah Dasar akan mengadakan pertemuan lagi pada kuartal ketiga untuk mengambil keputusan berdasarkan data ekonomi saat ini.

Iklan

Dilihat dari gaji pokok dalam 5 tahun terakhir, setiap tahun telah meningkat, tahun lalu meningkat 5,21%, dimana gaji pokok saat ini menjadi NT$ 25.250 per bulan dan NT$ 168 per jam.

Untuk kenaikan upah dasar tahun depan, sesuai dengan situasi ekonomi saat ini dan pedoman perhitungan Kementerian Tenaga Kerja di masa lalu, diperkirakan akan meningkat hingga 5%, dengan gaji bulanan menjadi NT$ 26.659 dan gaji per jam NT$ 177.

Kenaikan gaji ini tentu berdasarkan beberapa variabel dimana salah satunya adalah GDP, Kantor Akuntansi Umum Eksekutif Yuan baru-baru ini merevisi turun perkiraan tingkat pertumbuhan ekonomi (PDB) untuk tahun ini menjadi 3,91%, dan tingkat pertumbuhan tahunan indeks harga konsumen (CPI) direvisi hingga 2,67%.

Berdasarkan inilah perhitungan jumlah kenaikan gaji di atas, namun sepertinya belum ada kesepakatan dari pihak majikan dan buruh.

Seorang pemilik bisnis yang tidak disebutkan namanya mengatakan bahwa epidemi di luar kendali lagi tahun ini, dan jumlah kasus yang dikonfirmasi beberapa kali lebih tinggi dari tahun lalu.