Kabar BMI

Hanya bermodal SIM seperti ini, TKI di Jepang bisa raup Rp40 juta setiap bulan

×

Hanya bermodal SIM seperti ini, TKI di Jepang bisa raup Rp40 juta setiap bulan

Sebarkan artikel ini

Jepang, 7 November 2023 – Seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang sedang bekerja di Jepang baru-baru ini berbagi pengalaman melalui media sosial tentang peluang mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi di negeri Sakura. Menurutnya, kunci untuk meraih penghasilan puluhan juta rupiah per bulan adalah memiliki sertifikat keterampilan yang disebut sebagai SIM.

Pria muda asal Pati, Jawa Tengah, yang telah menikah dengan seorang perempuan Jepang, aktif membagikan kisah kehidupan keluarganya dan pengalamannya bekerja di Jepang di akun TikTok-nya. Berkat perbedaan bahasa dan budaya antara Indonesia dan Jepang, video-video yang diunggah oleh TKI ini selalu mendapat perhatian ribuan hingga jutaan penonton.

Iklan

Dalam video terbarunya di akun TikTok @duduwi.45, dia menceritakan kunjungannya ke pabrik tempat dia bekerja di Jepang. “Saya sendirian di pabrik, pagi-pagi, jam 5 berangkat dari rumah, tak ada orang di sekitar,” katanya.

Ternyata, kunjungan pagi ini adalah bagian dari proses untuk mengikuti tes yang akan menghasilkan SIM, sebuah sertifikat keterampilan dalam pengelasan. Menurutnya, memiliki SIM ini akan membuka peluang besar untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji puluhan juta rupiah.

“Jadi, jika Anda lulus dan memiliki SIM pengelasan ini, mencari pekerjaan akan menjadi mudah. Kalau Anda bekerja di sini atau menikah dengan orang Jepang, Anda dapat mendapatkan sekitar Rp250 ribu hingga Rp270 ribu per jam, yang setara dengan 2000 hingga 2500 Yen,” jelasnya.

TKI ini juga mencatat bahwa kursus dan pelatihan untuk mendapatkan sertifikat keterampilan pengelasan ini cukup langka di kalangan pekerja Jepang. “Hanya sedikit orang Jepang yang memiliki SIM ini,” katanya.

Meskipun tes yang harus diikuti cukup sulit, sebagai peserta program magang atau Kenshusei, TKI tersebut menyatakan bahwa mereka tidak hanya memperoleh pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga mendapatkan hak-hak seperti gaji dan fasilitas lainnya.

“Meskipun tingkat kelulusan hanya sekitar 60% dari 100%, karena memang cukup sulit, tetapi saya akan terus berlatih!” tambahnya.

Pengalaman TKI ini memberikan gambaran tentang bagaimana memiliki SIM keterampilan dapat membuka peluang besar untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang menggiurkan di Jepang.