Kabar BMI

Jarang yang Klaim, BPJS TKI Raup Untung Besar Besaran, TKI Diwajibkan BPJS, Cuti Tanpa BPJS Tak Bisa Kembali

×

Jarang yang Klaim, BPJS TKI Raup Untung Besar Besaran, TKI Diwajibkan BPJS, Cuti Tanpa BPJS Tak Bisa Kembali

Sebarkan artikel ini

Beberapa waktu lalu, kepala BP2MI, Benny Ramdhani mengadakan sesi live media sosial mengadakan tanya jawab terkait ke-PMI-an. Dalam live tersebut, banyak PMI yang bertanya terkait BPJS yang dianggap menyusahkan PMI apalagi jika mereka mau cuti.

Tanpa adanya BPJS ini, mereka tidak bisa kembali ke negara tempat mereka bekerja, menanggapi pertanyaan ini, kepala BP2MI langsung menjawab dan menjelaskan satu per satu pertanyaan tersebut.

Iklan

“BPJS Ketenagakerjaan (bukan kesehatan) adalah jaminan atau asuransi untuk pekerja, nah coba dulu ingat berangkat tahun kapan, kalau PMI itu berangkat wajib membayar BPJS. Nah rata – rata mereka yang perpanjang kontrak tanpa kembali ke Indonesia, itukan sudah tidak membayar BPJS kan? Padahal BPJS itukan perintah undang undang” Ujar Benny Ramdhani.

Lebih lanjut ia mengatakan, “PMI sangat berkepintingan lo dengan BPJS ini, karena itu jaminan ya, jaminan amit amit jika terjadi kematian dan jaminan jika mengalami kecelakaan atau sakit selama bekerja” Tuturnya.

“Nah yang dimaksud dengan membayar BPJS itu adalah membayar asuransi, jadi jika nanti PMI kembali sudah tercover asuransi lagi. Tapi bukan ke BP2MI ya bayarnya” Ujarnya.

lanjut Benny mengatakan PMI yang pulang tidak dipersulit, “Kalau merasa belum bayar BPJS ya dibayar BPJSnya, tidak harus di BP2MI, tapi bisa di di aplikasi atau Indomaret Alfamaret.” Terangnya.

Lanjut rasan – rasan masalah BPJS ketenagakerjaan, Benny Juga membeberkan data yang mengejutkan terkait hal ini di mana sangat sedikit sekali BPJS ketenagakerjaan yang diklaim.

“Uang PMI masuk di BPJS udah banyak, tahu nggak berapa? hampir 520 Milyar. Terus uang yang kembali ke PMI yang diklaim cuma berapa, baru 35 Miliar” Ujarnya.

Benny mengaku tahu segalanya terkait BPJS ini karena ia sering ngomong di DPR, “Kemarin rapat di hadapan MENKO Erlangga saya ngomong lagi, ayolah pak MENKO, udah untung banyak tuh BPJS, uang masuk PMI yang diterima sudah 520 miliar tapi klaim asuransi dari PMI hanya 35 miliar, itu kan nggak sampai 10% nya” Tuturnya.

Karena hal inilah, BPJS diminta banyak sosialisasi. Benny meminta para PMI kritis karena uang yang masuk adalah uang PMI.

Benny juga usul ada kantor perwakilan di setiap negara penempatan sehingga jika ada yang perpanjang kontrak, mereka langsung bisa bayar tanpa harus ribet saat pulang cuti.