Kabar BMI

Ledakan Pabrik di Pingtung Taiwan 7 Orang Meninggal 3 Hilang dan 98 Luka Luka, Pemerintah Open Donasi

×

Ledakan Pabrik di Pingtung Taiwan 7 Orang Meninggal 3 Hilang dan 98 Luka Luka, Pemerintah Open Donasi

Sebarkan artikel ini

Pemerintah Kabupaten Pingtung membuka rekening pada hari Sabtu di mana orang dapat mendonasikan uang untuk membantu korban kebakaran yang terjadi sehari sebelumnya di pabrik bola golf, yang telah merenggut nyawa setidaknya tujuh orang.

Donasi dapat ditransfer ke rekening bank atau kantor pos dengan nomor rekening 017-000-000-000, demikian disampaikan oleh pemerintah kabupaten dalam sebuah pernyataan.

Iklan

Masyarakat juga dapat melakukan donasi melalui toko convenience, mesin teller otomatis, atau secara daring (https://sadonation.pthg.gov.tw/Index2.aspx), demikian disebutkan dalam pernyataan tersebut.

Menurut Wakil Menteri Kesehatan Victor Wang (王必勝), nomor rekening ini terkait dengan dana bantuan sosial khusus yang dikelola oleh Departemen Urusan Sosial kabupaten.

Untuk membantu keluarga korban, Yayasan Budaya dan Kesejahteraan Sosial Lin Rong San, Bank Persatuan Taiwan, Liberty Times, dan Rong San Lin Development Co. berjanji untuk mendonasikan bersama sejumlah NT$10 juta (US$311.097).

Kebakaran pada Jumat tersebut, yang terjadi di pabrik bola golf milik perusahaan manufaktur Launch Technologies Co. di Kabupaten Pingtung, diikuti oleh ledakan-ledakan beruntun, telah menyebabkan tujuh orang meninggal, termasuk empat petugas pemadam kebakaran dan tiga pekerja pabrik, serta 98 orang luka.

Hingga Sabtu malam, tiga pekerja pabrik masih belum ditemukan dan diduga terperangkap di dalam pabrik, sementara 58 orang masih dirawat di rumah sakit, menurut pemerintah Pingtung.

Kabupaten ini dilanda hujan sporadis pada Sabtu sore, yang mengakibatkan penangguhan sementara dalam upaya penyelamatan mengingat keselamatan petugas pemadam kebakaran, karena peroksida masih ada di dalam pabrik, seperti yang dijelaskan oleh Chen Yi (陳奕), yang memimpin divisi Badan Pemadam Kebakaran dan Layanan Darurat Pingtung.

Air dapat bereaksi dengan peroksida dengan cara yang berbahaya dalam kebakaran industri tertentu, bahkan dapat menyebabkan ledakan, baik melalui reaksi kimia atau dengan berubah menjadi uap.

Sesekali terdengar ledakan di lokasi kejadian akibat suhu tinggi, membuat upaya pencarian dan penyelamatan menjadi sulit, ujar Bupati Kabupaten Pingtung, Chou Chun-mi (周春米), pada Sabtu malam.

Pemerintah kabupaten telah mendeploy lebih dari sepuluh excavator besar dan kecil untuk mempercepat operasi penyelamatan, meskipun prospek bagi orang yang masih belum ditemukan mungkin suram, katanya.

Penyebab pasti kebakaran dan ledakan berikutnya masih harus ditentukan.