Scroll untuk baca artikel
Kabar BMI

Makin Banyak Majikan Menyukai PPTM, Tiap Bulan Ribuan TKI Lolos, Yang Baru Bakal Kehabisan Job

×

Makin Banyak Majikan Menyukai PPTM, Tiap Bulan Ribuan TKI Lolos, Yang Baru Bakal Kehabisan Job

Sebarkan artikel ini

Untuk membantu perusahaan mempertahankan pekerja asing berpengalaman dan memenuhi kebutuhan tenaga kerja tingkat menengah dalam industri, Departemen Tenaga Kerja telah meluncurkan “Program Penahanan dan Penggunaan Tenaga Kerja Asing Berpengalaman” sejak 30 April tahun 2023 lalu.

Dalam program ini, majikan dapat mengajukan permohonan untuk mengubah status pekerja asing berpengalaman yang memenuhi syarat yang mereka miliki menjadi tenaga kerja tingkat menengah.

Untuk memperkenalkan program ini kepada majikan, Kantor Pembangunan Sumber Daya Tenaga Kerja di wilayah Changhua, Taichung, dan Nantou telah menyelenggarakan 55 sesi seminar untuk menjelaskan program tersebut kepada majikan di wilayah tengah Taiwan.

Hal ini memberikan peluang kepada majikan di wilayah tersebut untuk mempertahankan bakat-bakat asing di Taiwan dan membantu mengatasi kekurangan tenaga kerja dalam industri. Kantor wilayah Changhua, Taichung, dan Nantou akan terus menyelenggarakan seminar “Program Penahanan dan Penggunaan Tenaga Kerja Asing Berpengalaman” setiap bulan hingga akhir tahun ini, dan kami mengundang majikan yang memerlukan untuk mengunjungi situs web resmi kantor wilayah tersebut untuk informasi lebih lanjut.

Salah satu perusahaan yang berhasil memanfaatkan program ini adalah PT. Fu Shuai Enterprise Co., Ltd., yang berbasis di Nantou City dan bergerak dalam produksi kain jala dan wallpaper berbahan baku alami. Setelah mengikuti salah satu seminar yang diselenggarakan oleh Kantor wilayah Changhua, Taichung, dan Nantou, perusahaan ini berhasil mengubah status pekerja asing berkebangsaan Filipina, Rita, menjadi tenaga kerja tingkat menengah.

Perusahaan ini menyatakan bahwa Rita adalah pekerja yang sangat serius dan memiliki tingkat keterampilan yang tinggi. Selain pekerjaannya, Rita juga berusaha mempelajari cara mengatasi masalah dan perbaikan mesin serta memiliki kemampuan berbicara dalam bahasa Mandarin yang baik.

Ia sering membantu perusahaan dalam menerjemahkan informasi kepada rekan-rekan barunya dari Filipina, menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh atasan, dan melalui program “Penahanan dan Penggunaan Tenaga Kerja Asing Berpengalaman,” pekerja berpengalaman dengan tingkat keterampilan yang tinggi dapat tetap bekerja dalam jangka panjang di perusahaan, sehingga meningkatkan produktivitas perusahaan.

Rita mengungkapkan bahwa meskipun ia awalnya tidak begitu familiar dengan lingkungan di Taiwan, ia telah bekerja selama 8 tahun dan mengambil langkah-langkah berarti sepanjang perjalanannya. Selama masa kerjanya, ia mempelajari berbagai keterampilan profesional baru dan berhasil mendapatkan posisi sebagai tenaga kerja tingkat menengah di perusahaan tersebut. Ia merasa senang dapat terus bekerja di Taiwan dan merasa memiliki hubungan yang lebih erat dengan perusahaan.

Kantor wilayah Changhua, Taichung, dan Nantou menyatakan bahwa sebelumnya undang-undang ketenagakerjaan di Taiwan membatasi tenaga kerja asing untuk bekerja di Taiwan selama maksimal 12 tahun, dan untuk pekerja perawatan lansia hingga 14 tahun.

Setelah batas waktu ini berakhir, tenaga kerja asing biasanya tidak dapat memperpanjang kontrak mereka di Taiwan. Namun, mengingat bahwa setelah bekerja selama 10 tahun di Taiwan, keterampilan tenaga kerja asing telah mencapai tingkat tinggi, dan Taiwan saat ini menghadapi tantangan dari populasi yang semakin menua dan berkurang, beberapa industri mengalami kesulitan dalam mendapatkan tenaga kerja.

Oleh karena itu, program ini dibuat untuk memungkinkan majikan yang memenuhi persyaratan tertentu untuk mengubah status sebagian pekerja asing yang berpengalaman menjadi tenaga kerja tingkat menengah, menghapus batasan waktu kerja, dan membantu meningkatkan sumber daya manusia dalam industri sesuai dengan kebutuhan waktu. Untuk memahami lebih lanjut tentang program ini, kami mengundang majikan untuk menghadiri seminar “Program Penahanan dan Penggunaan Tenaga Kerja Asing Berpengalaman” yang diadakan setiap bulan dan mendapatkan informasi terbaru tentang kebijakan ini.