Kabar BMI

Saingan Baru, Taiwan dan India Resmi Menandatangani Perjanjian Kerja Sama Migran, Buka Kesempatan Bagi 100.000 Pekerja India ke Taiwan

×

Saingan Baru, Taiwan dan India Resmi Menandatangani Perjanjian Kerja Sama Migran, Buka Kesempatan Bagi 100.000 Pekerja India ke Taiwan

Sebarkan artikel ini

Taipei, 10 November 2023 – Pemerintah Taiwan dan India telah mencapai tonggak sejarah dengan menandatangani perjanjian kerja sama migran yang membuka peluang bagi 100.000 warga India untuk bekerja di Taiwan. Kesepakatan ini, yang diharapkan selesai pada bulan Desember 2023, memiliki dampak signifikan pada sektor-sektor kunci Taiwan yang mengalami kekurangan tenaga kerja.

Pemerintah Taiwan, dihadapkan pada tantangan penurunan jumlah penduduk dan penuaan, melihat perjanjian ini sebagai solusi strategis untuk mengatasi kekurangan tenaga kerja terutama di sektor manufaktur, konstruksi, pertanian, dan pekerjaan rumah tangga. Sebelumnya, pada bulan September, laporan media India mengungkapkan bahwa kedua negara sedang menjajaki kerja sama migran, dan sejak saat itu, negosiasi telah berjalan lancar.

Menurut laporan terbaru dari sumber-sumber yang tidak ingin disebutkan namanya, perjanjian ini diyakini akan ditandatangani pada bulan Desember nanti, membuka pintu bagi 100.000 tenaga kerja India untuk bekerja di berbagai sektor, termasuk pabrik, ladang, dan rumah sakit di Taiwan.

Meskipun hal ini dianggap sebagai langkah positif dalam mengatasi kekurangan tenaga kerja, ada kekhawatiran bahwa perjanjian ini dapat memicu reaksi negatif dari China, memperburuk ketegangan geopolitik di kawasan.

Sebagai respons terhadap perkembangan ini, Bloomberg mencoba menghubungi Kementerian Luar Negeri India, yang mengkonfirmasi bahwa pembicaraan mengenai kerja sama migran dengan Taiwan telah memasuki tahap akhir. Sementara itu, Kementerian Tenaga Kerja Taiwan menyambut baik kerja sama dengan potensi sumber migran baru, tetapi belum memberikan konfirmasi resmi terkait penandatanganan perjanjian.

Dengan lebih dari 730.000 pekerja migran saat ini di Taiwan, penambahan tenaga kerja dari India diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan mengatasi kekurangan pekerja di sektor-sektor kritis. Perjanjian ini juga menciptakan peluang baru untuk kerja sama antara kedua negara, tetapi juga dapat menciptakan dinamika baru dalam hubungan geopolitik di kawasan Asia Pasifik.