Kabar BMIRuang Baca

Sepeda Listrik Milik TKI di Modif, Konslet Terbakar Sampai Membakar Pabrik

×

Sepeda Listrik Milik TKI di Modif, Konslet Terbakar Sampai Membakar Pabrik

Sebarkan artikel ini

Pihak berwenang pemadam kebakaran di Kabupaten Zhanghua, Taiwan, melaporkan bahwa pada bulan Oktober tahun ini terjadi dua insiden kebakaran pada sepeda listrik yang sedang diisi daya di Kota Beidou. Hasil penyelidikan menunjukkan bahwa sepeda listrik yang terbakar telah mengalami modifikasi pada bodi kendaraan dan sistem daya baterai. Kemungkinan besar, kebakaran terjadi akibat gangguan sistem pengisian daya yang mengakibatkan korsleting listrik. Oleh karena itu, pemilik sepeda listrik diingatkan untuk tidak melakukan modifikasi sendiri pada kendaraan mereka, terutama jika mengganti baterai lithium yang tidak jelas asal-usulnya atau melakukan perubahan pada sistem kontrol elektronik, karena hal ini dapat meningkatkan risiko terbakarnya sepeda listrik.

Selain itu, ditemukan bahwa kedua insiden kebakaran ini melibatkan sepeda listrik digunakan oleh pekerja asing. Jenis sepeda listrik ini termasuk dalam kategori sepeda listrik mikro, yang umumnya digunakan oleh pekerja asing sebagai sarana transportasi sehari-hari. Keduanya terparkir di area parkir dalam pabrik tempat mereka bekerja. Akibatnya, lebih dari 20 sepeda listrik menjadi korban terbakar dalam insiden tersebut. Salah satunya terjadi pada pagi tanggal 24 Oktober, di mana enam sepeda listrik terparkir di gudang, beberapa di antaranya sedang diisi daya. Kejadian tiba-tiba terbakar tanpa alasan yang jelas.

Iklan

Berkaitan dengan peningkatan jumlah pekerja asing di Taiwan, sepeda listrik menjadi pilihan transportasi yang populer karena harganya yang terjangkau, ringan, dan praktis, serta tidak memerlukan izin mengemudi.

Pihak berwenang pemadam kebakaran juga mengingatkan bahwa undang-undang lalu lintas jalan melarang sepeda listrik mikro untuk melaju dengan kecepatan lebih dari 25 kilometer per jam. Beberapa pedagang nakal memanfaatkan permintaan akan peningkatan kecepatan tersebut dan menjual baterai lithium yang dimodifikasi melalui internet atau memberikan layanan untuk menghilangkan pembatasan kecepatan. Hal ini dapat meningkatkan risiko kerusakan kendaraan dan bahkan kebakaran yang tidak diinginkan.

Menurut statistik dari Pemadam Kebakaran Kabupaten Zhanghua, sejak tahun 2021 hingga saat ini telah terjadi 24 insiden kebakaran pada sepeda listrik. Mereka juga menyatakan bahwa baterai lithium berkualitas buruk rentan mengalami pemanasan berlebihan yang dapat menyebabkan kebakaran saat terisi daya, terlalu lama dibiarkan tanpa daya, atau mengalami benturan.

Oleh karena itu, saat membeli sepeda listrik, disarankan untuk memilih produk yang telah lulus uji tipe dari Kementerian Transportasi. Setiap kendaraan juga dilengkapi dengan charger khusus, dan charger dari model yang berbeda tidak boleh dicampur. Saat mengisi daya, hindari tempat tangga, lorong, atau pintu masuk, dan pastikan menjaga jarak yang aman dari bahan mudah terbakar untuk mencegah penyebaran kebakaran.