Kabar BMI

Sosok TKW yang Sukses Sekolahkan 3 Anak Jadi Jaksa, Rela Merantau Jadi Buruh 10 Tahun di 3 Negara

×

Sosok TKW yang Sukses Sekolahkan 3 Anak Jadi Jaksa, Rela Merantau Jadi Buruh 10 Tahun di 3 Negara

Sebarkan artikel ini

Inilah sosok TKW yang sukses menyekolahkan anaknya menjadi jaksa. Sosok TKW itu adalah Susmiati yang merupakan pekerja migran asal Desa Gumelar, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Sosok TKW Suswiati rela mengadu nasib ke tiga negara demi menyekolahkan ketiga anaknya. Pada 2002, ia memulai perantauan ke Singapura, Hong Kong, hingga Taiwan. Setelah kurang lebih 10 tahun, pada 2012 ia baru kembali ke pelukan anak-anak kesayangannya.

Iklan

“Dulu anak pertama ditinggal dari kelas 3 SMP buat kerja ke Singapura, Hongkong, Taiwan, selama 10 tahun,” tutur Susmiati dikutip dari Kompas.com.

Sehari-hari Susmiati bekerja sebagai buruh. Setiap hari, ia mengatakan anaknya selalu merindukannya dan meminta dirinya untuk pulang ke kampung halaman.

Namun, Susmiati tetap kukuh dan saling menguatkan bila pengorbanan itu ia lakukan demi masa depan mereka yang lebih baik.

“Saya enggak pengen mereka cuma sekolah sampai SMP kaya saya. Saya harus mengambil keputusan besar agar masa depan mereka lebih baik,” lanjutnya.