Ruang Baca

Syarat Menjadi TKI di Luar Negeri

×

Syarat Menjadi TKI di Luar Negeri

Sebarkan artikel ini
Syarat Menjadi TKI di Luar Negeri

Hampir setiap hari, selalu ada pertanyaan dari para pembaca tentang bagaimana cara menjadi TKI dan apa saja syaratnya. Nah kali ini, mimin akan menjawab semuanya dalam satu artikel, dengan harapan bisa menjawab semua pertanyaan tentang bagaimana dan apa syarat menjadi TKI yang benar.

Ok, sebelum kita sodorkan syaratnya, perlu diketahui untuk menjadi TKI ada 2 macam, pertama jalur pemerintah, namanya G to G, kedua jalur swasta atau melalui perusahaan swasta. Sebenarnya masih ada lagi yaitu campuran pemerintah dan swasta, tapi kita bahas 2 saja yang paling sering.

Iklan

Untuk G to G, saat ini BP2MI hanya menyediakan slot untuk ke Jepang, Jerman dan Korea Selatan, lebih lengkapnya silahkan buka www.bp2mi.go.id.

Untuk swasta, ada banyak pilihan nih, bisa ke Taiwan, Hongkong, Singapura, Malaysia, Brunei, Saudi dan lainnya. Untuk cara mendaftarnya sendiri mudah, ketik di google, PJTKI negara tujuan, lalu klik, disana akan ditampilkan hanya yang resmi saja, kamu bisa datang ke PJTKI tersebut.

Lalu apa saja syaratnya?

Untuk mendaftar menjadi TKI resmi memang tak sesulit bayangan. Kamu sebagai calon pekerja sebenarnya tak perlu mempersiapkan uang untuk TKW, hanya perlu mempersiapkan dokumen atau berkas yang dibutuhkan. Berikut beberapa dokumen atau berkas yang perlu dipersiapkan yaitu :

  1. Ijazah pendidikan terakhir
  2. KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau e-KTP
  3. Akta kelahiran
  4. Surat keterangan izin wali, orang tua, istri atau suami
  5. Fotokopi buku nikah atau keterangan status perkawinan

Tenang, itu bisa disiapkan sembari mendaftar ke PJTKI ya, sekarang namanya P3MI. Untuk persyaratan lainnya nanti akan diuruskan oleh P3MI ditempat kalian daftar, seperti paspor dan lainnya.

Kalau syarat di atas sudah ada di rumah, kalian bisa mendaftar dengan ditemani suami ya, itu lebih baik daripada diantarkan oleh orang lain tanpa pendampingan suami.

Karena kamu datang sendiri ke P3MI, maka nanti kamu juga bisa nego potongan kepada P3MI, karena mereka tidak membayar sponsor untuk mendatangkanmu. Biasanya, kalau pakai sponsor, P3MI harus membayar sponsor itu dengan harga tidak murah, dan bayaran ke sponsor itu akan dipotongkan dari gaji bulananmu.

Nah itulah syarat menjadi TKI di luar negeri, kamu berminat?