Kabar Indo

TKW Asal Cianjur Pulang dalam Peti Mati, Tangis Keluarga Pecah

×

TKW Asal Cianjur Pulang dalam Peti Mati, Tangis Keluarga Pecah

Sebarkan artikel ini

Seorang pekerja migran Indonesia (PMI) atau TKW asal Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, bernama Ani Suryani (50) dipulangkan dalam kondisi meninggal.

Isak tangis keluarga pun pecah saat peti jenazah ibu dua anak ini tiba di rumah duka di Kecamatan Bojongpicung, Cianjur, tadi malam.

Iklan

Ketua Asosiasi Tenaga Kerja Indonesia Raya (Astakira) Pembaharuan Cianjur Ali Hildan mengatakan, Ani meninggal dunia akibat sakit yang dideritanya.

“Dari rekam medis yang diterima pihak keluarga, almarhumah meninggal karena sakit, stroke,” kata Ali saat dihubungi Kompas.com via telepon selular, Selasa (30/8/2022).

Disebutkan, Ani diketahui sudah bekerja di negara penempatan Abu Dhabi, Uni Emirat Arab sejak 2015, dan dikabarkan meninggal Selasa (23/8/2022).

“Proses pemulangannya terbilang cepat ini, meski ya sempat ada sedikit kendala sewaktu jenazah tiba di bandara, tapi alhamdulillah jenazah bisa diserahterimakan ke pihak keluarga,” ujar dia.

Ali mengungkapkan, Ani diberangkatkan ke luar negeri oleh perusahaan penyalur tenaga kerja yang berdomisili di Jakarta secara prosedural atau resmi.

Namun, karena tidak memperbaharui kontrak, maka seiring berjalannya waktu statusnya menjadi ilegal karena over stay. “Kendati begitu, selaku pihak yang dikuasakan kami akan berupaya memperjuangkan hak-haknya,” ujar Ali.