Kabar BMI

TKW Asal Trenggalek Dipulangkan Setelah 5 Tahun Bekerja di Taiwan, Karena Derita Kanker dan Liver

×

TKW Asal Trenggalek Dipulangkan Setelah 5 Tahun Bekerja di Taiwan, Karena Derita Kanker dan Liver

Sebarkan artikel ini

Bandara Taoyuan, Taiwan – Seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Trenggalek, Jawa Timur, dipulangkan ke Indonesia pada hari ini melalui bandara Taoyuan dengan menggunakan penerbangan EVA Air. TKW tersebut telah bekerja di Taiwan selama 5 tahun dengan pengalaman bekerja di bawah 2 majikan yang berbeda.

Pada bulan lalu, TKW ini menerima diagnosa yang mengagetkan, yakni kanker dan masalah pada organ hati (liver). Kondisi kesehatannya yang semakin menurun membuatnya tidak lagi memiliki kemampuan fisik untuk melanjutkan pekerjaannya di Taiwan. Kondisi ini mengharuskannya untuk segera dipulangkan ke Indonesia guna mendapatkan perawatan medis yang tepat.

Iklan

Proses kepulangan TKW ini mendapatkan bantuan dari KDEI di Taipei. Dalam prosesnya, KDEI Taipei telah meminta bantuan kepada mbok cikrak untuk mengkoordinasikan kepulangan TKW tersebut di bandara.

Saat tiba di bandara Taoyuan, TKW ini disambut oleh “Mbok Cikrak,” seorang artis yang telah diberi tugas untuk memberikan dukungan dan bantuan kepada TKW dalam proses kepulangannya. Mbok Cikrak dianggap sebagai figur penting dalam memberikan bantuan moral dan praktis kepada TKW yang membutuhkan.

Mbak ini saat ini keluarganya tinggal di Lampung.

Sekarang, TKW ini sedang dalam perjalanan menuju Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta di Jakarta. Dengan kondisi kesehatannya yang memburuk, harapannya adalah dapat mendapatkan perawatan medis yang diperlukan dan dukungan dari keluarga dan teman-temannya di Tanah Air. Kisah perjuangan TKW ini menjadi gambaran penting tentang tantangan dan pengorbanan yang sering dihadapi oleh pekerja migran dalam mencari penghidupan yang lebih baik di luar negeri.