Scroll untuk baca artikel
Kabar Indo

TKW Ini Baru 2 Bulan Bekerja, Curhat di Facebook Tak Digaji Hingga Makan Mi Kering, Langsung Dijemput Pemerintah RI Untuk Dipulangkan

×

TKW Ini Baru 2 Bulan Bekerja, Curhat di Facebook Tak Digaji Hingga Makan Mi Kering, Langsung Dijemput Pemerintah RI Untuk Dipulangkan

Sebarkan artikel ini
TKW Ini Baru 2 Bulan Bekerja, Curhat di Facebook Tak Digaji Hingga Makan Mi Kering, Langsung Dijemput Pemerintah RI Untuk Dipulangkan

Seorang TKW baru – baru ini viral di media sosial lantaran ia curhat dengan apa yang dia alami selama menjadi TKW dalam kurun waktu 2 bulan ini.

Rika Oktaviani, TKW berusia 25 tahun ini sebelumnya diketahui bekerja di Arab Saudi dan ia curhat bahwa dirinya ditelantarkan.

TKW asal Cidahu Sukabumi inipun langsung mendapat respon pemerintah dan saat ini sudah berada di Indonesia.

Rika sampai di Mapolres Sukabumi pada minggu kemarin (6/3) sekitar pukul 00.35 WIB, ia dijemput oleh Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA), Iptu Bayu Sunarti.

Sebelumnya, Rika yang baru dua bulan bekerja di Arab Saudi menjadi Pekerja Migran Indonesia, mengunggah curhatan pribadinya di Facebook tentang nasibnya bekerja di Arab Saudi.

Dia pun menyampaikan ingin segera pulang ke Indonesia. Akhirnya dari pihak keluarga melaporkan curhatan Rika tersebut ke Polres Sukabumi.

Cerita Rika di facebook itu langsung direspons Kapolres Sukabumi, AKBP Dedy Darmawansyah. Setelah mengetahui postingan dan laporan tersebut, Dedy memerintahkan Kasat Reskrim Polres Sukabumi, AKP I Putu Asti Hermawan Santosa dan Kanit PPA Satuan Reskrim Polres Sukabumi, Iptu Bayu Sunarti untuk segera memulangkan Rika dengan melaksanakan koordinasi dengan semua pihak terutama KBRI Arab Saudi.

“Alhamdulillah setelah kita koordinasi dengan Polda dan atase Kepolisian KBRI Arab Saudi, saudari Rika dapat kita pulangkan kepada keluarganya. Nanti kita akan menindaklanjuti kasus Rika ini dengan pendalaman lebih lanjut apakah ada tindak pidananya,” ujar Dedy kepada MNC Portal Indonesia. Dedi juga menjelaskan bahwa pihaknya sudah menerima data dari atase Kepolisian KBRI dan segera melakukan penyelidikan dengan melakukan gelar perkara.

Rika dijemput tim PPA Polres Sukabumi di Wisma Atlet di kawasan Kebun Jeruk Jakarta karena harus karantina terlebih dahulu.

Rika mengatakan selama dua bulan bekerja di Arab Saudi, dia tidak mendapatkan gaji. Selain itu, untuk makan juga Rika hanya diberi mi instan kering dan minumnya diberi air dari keran.

Namun dirinya juga mengakui tidak ada kekerasan fisik kepadanya selama dua bulan bekerja di sana.

“Saya dijanjikan bekerja di Arab Saudi oleh agen yang dikenalnya di Facebook sebagai baby sister. Tetapi sesampainya di Arab Saudi, saya ditempatkan di sebuah penampungan lalu dipekerjakan sebagai asisten rumah tangga bahkan cleaning service yang bekerja over time, yang tidak digaji dan susah untuk makan,” ujarnya sebagaimana dilansir suara BMI dari inews.