Scroll untuk baca artikel
Kabar Indo

Topan Hinnamnor, Topan Terbesar Tahun Ini Sebabkan Taiwan Hujan Lebat Mulai Hari Ini

×

Topan Hinnamnor, Topan Terbesar Tahun Ini Sebabkan Taiwan Hujan Lebat Mulai Hari Ini

Sebarkan artikel ini

Pinggiran Topan Hinnamnor dapat membawa hujan sangat lebat ke Taiwan utara dan timur laut mulai Jumat ini, sementara wilayah pesisir di sebagian besar Taiwan dapat melihat angin kencang dan gelombang tinggi, kata Biro Cuaca Pusat (CWB).

Hinnamnor saat ini terletak 480 kilometer timur-tenggara Hualien di pantai timur Taiwan, dan mulai bergerak ke utara dengan kecepatan 3 kilometer per jam, dengan kecepatan angin hingga 191 km/jam di dekat pusatnya, kata peramal CWB Huang En- hung (黃恩鴻).

Badai sedikit lebih jauh ke barat dari perkiraan semula, tetapi tetap kemungkinan akan berlanjut di jalur utara, melewati perairan timur Taiwan, kata Huang, menambahkan bahwa CWB dapat mengeluarkan peringatan laut pada Jumat pagi ini.

Saat ini, badai memiliki radius 250 km, tetapi itu bisa meningkat hingga 300 km pada hari Jumat dan Sabtu nanti, saat diperkirakan paling dekat dengan Taiwan, kata Huang.

Awalnya, ada kemungkinan 50 persen jalur luar topan akan melewati Yilan dan Keelung, tetapi kemungkinan itu telah berkurang, sehingga kecil kemungkinannya bahwa peringatan darat akan dikeluarkan, tambahnya.