Majikan yang Memaksa TKI Untuk Bersih – Bersih Rumah Jelang Imlek Akan Didenda Hingga 750.000 NT

Tradisi jelang tahun baru imlek selalu ada tiap tahun dan selalu menjadi ruang curhat bagi para PMI TKI di Taiwan dimana masa kerja dan tenaga mereka terkuras karena sering kali disuruh bekerja di luar job. Namun ternyata ada aturan yang mengatur hal ini demi para TKI.

Sudah tidak asing, jelang tahun baru imlek, semua keluarga di Taiwan bersih – bersih. Namun ketika mereka tidak mendapatkan tenaga kebersihan, karena sudah dibooking full oleh keluarga lainnya, banyak yang memanfaatkan tenaga TKW untuk bantu mereka membersihkan rumah.

Biro Tenaga Kerja Pemerintah Kota Taipei menyatakan sering menerima keluhan dari masyarakat bahwa majikan menugaskan buruh migran untuk bekerja tidak sesuai dengan tujuan semula yang diizinkan.

Diantara laporan yang diterima adalah majikan mempekerjakan TKI untuk menyambi mencuci, membersihkan, menjemput dan mengantar anak. Bahkan sering kali disuruh bersih bersih dirumah saudara atau teman majikan.

Menurut undang undang, TKI hanya diperbolehkan bekerja sesuai dengan visa dan jobnya, jika ia ditugaskan menjaga ama, maka itulah pekerjaannya dan pekerjaan kecil yang mendukung pekerjaan utamanya itu.