Kabar Indo

Rentenir Langganan TKI di Taiwan Dibekuk Polisi, Promosi di Facebook Dengan Nama Yuli Azza

×

Rentenir Langganan TKI di Taiwan Dibekuk Polisi, Promosi di Facebook Dengan Nama Yuli Azza

Sebarkan artikel ini
Rentenir Langganan TKI di Taiwan Dibekuk Polisi, Promosi di Facebook Dengan Nama Yuli Azza

Sering kali kita mendengar atau melihat postingan jasa pinjaman di kalangan PMI Taiwan dan banyak sekali di antara teman teman yang melakukan pinjaman walaupun dengan bunga yang sangat besar, tak peduli pinjaman itu resmi atau tidak.

Seperti yang beredar di internet, pinjaman di kalangan TKI Taiwan yang mengatasnamakan Yuli Azza di facebook kini dibekuk kepolisian Taiwan karena telah melanggar hukum.

Iklan

Dimiliki oleh seorang pria bermarga Yang di kawasan Taichung dan istrinya Huang, yang merupakan Tionghoa dari Indonesia di Taiwan, keduanya telah menjalan bisnis ini dengan cara tidak sah, tanpa ijin, dengan sasaran para TKI.

Mereka memanfaatkan pekerja migran Indonesia yang membutuhkan uang mendesak dan menjaminkan paspor dan lainnya dengan bunga mencekik.

Dalam operasi yang dilakukan kemarin, kepolisian menyidak tempat tinggal mereka dan menemukan Huang dan suaminya beserta anak anaknya, total 5 orang diamankan, uang sejumlah NT$7juta dan menyita sejumlah paspor milik TKI dan buku rekening.

Dalam penyelidikan kepolisian mereka menemukan motif yang mereka jalankan. Mereka menyasar para TKI yang sedang kesulitan uang untuk dikirim ke kampung halaman mereka.

Kemudian para TKI ini dijanjikan hutangan dengan jaminan paspor asli, para TKI juga menandatangani perjanjian bunga yang cukup tinggi, uang dikirim ke Indonesia dan setiap bulannya mereka harus menyicil dengan bunga yang sangat besar.

Bahkan setahun bisa mencapai 121% hingga 152% dari pokok. Contohnya Pinjam 20.000, harus mengembalikan 70.000, 20.000 pokok dan 50ribu bunga.

Selain itu, bila TKI yang meminjam tidak bisa melunasi hutangnya, paspornya akan hilang disita oleh keduanya, sehingga TKI tersebut tidak bisa melakukan pindah majikan dan lainnya.

Dalam dua tahun terakhir ini, setidaknya mereka gencar melakukan promosi di media sosial seperti facebook dengan postingan seperti ini.

rentenir tki taiwan
Ini adalah salah satu bentuk promosi mereka di facebook

Setelah dalam penyelidikan lama baik itu di Taichung, Changhua dan tempat lainnya, Departemen Kepolisian Kabupaten Nantou berhasil mengungkap kasus ini dengan menyita setidaknya 342 paspor TKI, IOU, Buku rekening dan masin hitung uang serta bukti lainnya.

Nah, adakah di antara kamu yang meminjam di tempat ini? segera laporkan kasus kamu, dan dapatkan kembali paspormu.

diterjemahkan oleh admin dari udn