Serangkaian gempa bumi di Taiwan menyebabkan 1 pekerja pabrik meninggal dunia, 79 orang lainnya terluka

Seorang pekerja di pabrik semen telah meninggal dan 79 orang lainnya terluka pada pukul 19:00 setelah serangkaian gempa bumi yang menyebabkan kerusakan luas pada bangunan dan infrastruktur transportasi di seluruh Taiwan.

Pusat gempa terkuat kemarin, yang terjadi pada pukul 14:44 dan berkekuatan 6,8 skala Richter, terletak 42,7 kilometer di utara Balai Kabupaten Taitung pada kedalaman 7,0 km di Kotapraja Chishang, menurut Biro Cuaca Pusat (CWB).

Kerusakan paling parah pada arsitektur terjadi di Kotapraja Yuli Hualien di mana gempa menggulingkan sebuah bangunan tempat tinggal yang pemiliknya menyewakan lantai pertama sebagai toko serba ada 7-Eleven.

Setelah seorang petugas memecahkan salah satu jendela untuk melarikan diri, petugas pemadam kebakaran membutuhkan waktu tiga jam untuk menyelamatkan empat lagi yang terjebak di dalam gedung, yang terdiri dari pemilik gedung, seorang ibu pembelanja dan putrinya yang berusia lima tahun.

Jembatan Gaoliao dan Luntien di Hualien runtuh dan pecah menjadi banyak bagian, dengan Jembatan Yuli di kabupaten itu juga mengalami kerusakan setelah gempa, menurut Pusat Tanggap Bencana Kabupaten Hualien.