Scroll untuk baca artikel
Waspadalah

Topan Doksuri Mulai Masuki Taiwan, Bawa Angin dan Hujan Lebat di Timur dan Selatan Taiwan

×

Topan Doksuri Mulai Masuki Taiwan, Bawa Angin dan Hujan Lebat di Timur dan Selatan Taiwan

Sebarkan artikel ini

Pinggiran topan Doksuri akan mencapai Semenanjung Hengchun pada Rabu pagi dan akan membawa angin kencang dan hujan lebat ke Taiwan timur dan selatan selama dua hari, kata Biro Cuaca Pusat (CWB), Selasa.

Topan Doksuri telah memasuki Selat Bashi, bergerak menuju Taiwan dan masih mungkin ditingkatkan menjadi topan super pada Selasa malam, kata CWB kepada CNA pada pukul 21:20 Selasa.

Pada pukul 20:00 Selasa, pusat topan berada 380 kilometer selatan-tenggara Eluanbi, titik paling selatan di Taiwan, dan bergerak dengan kecepatan 10 hingga 13 kilometer per jam ke arah barat-barat laut tetapi berarah barat laut, kata CWB.

Badai, yang memiliki radius 300 kilometer, membawa angin berkelanjutan maksimum 173 kilometer per jam dan hembusan hingga 209 kilometer per jam, kata biro itu dalam pembaruan yang dikeluarkan pada pukul 20:00.

Topan Doksuri akan paling dekat ke Taiwan pada hari Rabu dan Kamis, dengan bagian timur Taiwan dan Semenanjung Hengchun paling terpengaruh, kata peramal cuaca CWB Lo Ya-yin (羅雅尹).

Pada Selasa malam, biro mengeluarkan peringatan hujan lebat untuk Yilan, Hualien, Taitung, dan Pingtung.

Karena efek sirkulasi periferal topan, Pingtung, wilayah timur, Pulau Anggrek dan Pulau Hijau kemungkinan akan mengalami curah hujan intens berdurasi pendek, kata CWB, mengingatkan masyarakat untuk waspada jika terjadi badai petir dan hembusan angin kencang.

Pada hari Kamis, kecuali bagian timur dan Semenanjung Hengchun, wilayah selatan juga akan mengalami peningkatan angin dan hujan, dengan hujan sesekali di Taiwan tengah dan utara, kata Lo.

Topan tersebut diperkirakan membawa curah hujan terbanyak ke Hualien dan Taitung, dengan 400 milimeter hingga 700 mm di daerah dataran dan 700 mm hingga 1.000 mm di daerah pegunungan di dua kabupaten di Taiwan timur, mulai Selasa hingga Jumat tengah malam, menurut CWB.

CWB memperkirakan akumulasi curah hujan antara 150 mm dan 250 mm selama periode 24 jam mulai pukul 20:00 Selasa di Hualien dan Taitung, 80 mm hingga 150 mm di Semenanjung Hengchun, dan 100 mm hingga 190 mm di Yilan.

Hujan lebat juga diperkirakan terjadi di beberapa daerah dataran: 150 mm hingga 400 mm di Hengchun, 200 mm hingga 400 mm di Pingtung, 200 mm hingga 350 mm di Kaohsiung, Kabupaten Yilan, Pulau Hijau, dan Pulau Anggrek selama periode yang sama, kata CWB.

Jumlah curah hujan yang dibawa badai ke daerah pegunungan diperkirakan sebagai: 400 mm hingga 700 mm di Kaohsiung dan Pingtung, 300 mm hingga 350 mm di Yilan, 200 mm hingga 350 mm di Nantou dan Chiayi, 150 mm hingga 300 mm di New Taipei dan Taoyuan, menurut CWB.