Yang Ortunya Jadi TKI Harus Waspada, Ratusan Pelajar di Ponorogo H**mil Duluan, Dari Jenjang SMP dan SMA

Berita mengejutkan datang dari Kabupaten, Ponorogo, Jawa Timur. Ratusan pelajar jenjang SMP dan SMA di Kabupaten Ponorogo mengajukan dispensasi nikah ke pengadilan agama setempat.

Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Jawa Timur, Anwar Solikin mengatakan mereka yang mengajukkan dispensasi nikah mayoritas karena hamil di luar nikah. Sebenarnya apa yang terjadi di Indonesia sehingga kasus seperti ini marak terjadi bukan hanya di Ponorogo?

Sebelumnya, Pengadilan Agama (PA) Ponorogo menerima 191 permohonan anak menikah dini selama 2022. Sebagian besar alasan dispensasi nikah itu karena anak hamil duluan dan melahirkan.

Dilaporkan detikJateng, dari sisi jenjang pendidikan, anak-anak dengan pendidikan terakhir SMP menjadi yang terbanyak mengajukan dispensasi nikah. Jumlahnya mencapai 106 perkara. Lainnya, pendidikan terakhir SD sebanyak 54 perkara, SMA 25 perkara, dan tidak sekolah 6 perkara.

Para ahli kesehatan sangat tidak menyarankan remaja yang masih duduk di bangku sekolah menikah. Ada banyak risiko kesehatan yang mengintai, terlebih jika perempuan mengandung dan melahirkan di usia remaja.

Nah, untuk para ortu yang saat ini jadi TKI diluar negeri dengan tidak bisa menjaga anaknya dan mengawasinya, mulai saat ini, luangkanlah waktu lebih untuk anak anak, jangan sampai masa depan mereka hancur.