Scroll untuk baca artikel
Kabar BMI

Diundang Nuna Yuna, Orang Ini Ungkap Pengalamannya jadi PMI

×

Diundang Nuna Yuna, Orang Ini Ungkap Pengalamannya jadi PMI

Sebarkan artikel ini

Suarabmi.co.idSejak tiba di Korea Selatan hampir sepuluh tahun yang lalu, Rudi, seorang PMI, telah melalui perjalanan yang menakjubkan di negeri ginseng tersebut.

Rudi berbagi pengalaman dan pandangannya tentang kehidupan serta tantangan yang dihadapi para PMI di Korea.

Hal itu ia sampaikan dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Yuna di kanal youtube Nuna Yuna, Rudi pertama kali menginjakkan kaki di Korea pada tahun 2014. Awalnya, gajinya tidak besar, mengingat kondisi upah minimum saat itu masih rendah.

Baca Juga: Kasus Penikaman Sesama PMI di Korea Selatan, Korban Meninggal Pelaku Berhasil Dibekuk

Dengan ketekunan dan komitmen dalam pekerjaan, Rudi berhasil meningkatkan penghasilannya seiring dengan bertambahnya pengalaman dan keahlian yang dimiliki.

Salah satu hal yang sangat membedakan pengalaman kerja di Korea menurut Rudi adalah budaya kedisiplinan yang sangat kuat.

“Orang Korea sangat menghargai kedisiplinan dan kerja keras. Itu menjadi kunci kesuksesan di sini,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Rudi juga mengungkapkan tentang tantangan psikologis dan emosional yang dihadapi oleh banyak PMI, termasuk rasa rindu kepada keluarga di Indonesia.

Namun demikian, dengan dukungan keluarga dan persiapan mental yang matang, Rudi merasa tidak pernah menyesal atas keputusannya untuk bekerja di Korea.

Baca Juga: Gaji Tembus 2 Digit, Calon TKI Jatuh Cinta Kerja di Korea Selatan

“Persiapkan mental dan jaga kesehatan dengan baik. Jangan mudah menyerah, karena di sini ada banyak peluang dan kesempatan untuk meraih impian,” pesannya kepada rekan-rekan PMI lainnya.

Dalam obrolan tersebut ia juga menyoroti pentingnya adaptasi dengan lingkungan kerja yang berbeda.

“Saat pertama kali masuk pabrik, saya kaget dengan keramaian dan keriuhan di sana. Namun, dengan bantuan senior-senior yang baik, saya bisa beradaptasi dengan cepat,” ceritanya.

“Dengan bersama-sama, kita bisa meraih impian kita di tanah ginseng ini,” tutup Rudi dengan senyuman. Rudi memberikan harapan dengan berbagai pengalaman hidup selama bekerja di Korea dapat menginspirasi banyak PMI lainnya.***