Suarabmi.co.id – Semakin banyak penduduk asing di Korea yang memilih untuk menyimpan pendapatan mereka ke rekening pribadi daripada mengirimkannya ke keluarga mereka di luar negeri.
Pernyataan tersebut muncul menurut sebuah survei yang diadakan pada hari Senin.
Mayoritas individu tersebut termasuk Generasi MZ, yang meliputi Generasi Milenial (lahir antara tahun 1981 dan 1995) dan Generasi Z (lahir antara tahun 1996 dan 2005).
Baca juga: 80 Orang Jepang Meninggal Dunia Gara-gara Minum Obat Ini
Anggota generasi ini sering kali dicirikan oleh fokus mereka pada kepuasan pribadi dan kesuksesan individu daripada berkorban demi orang lain.
BC Card mensurvei lebih dari 1 juta penduduk asing di Korea dan menemukan bahwa 25 persen dari mereka mentransfer uang ke rekening mereka sendiri pada paruh pertama tahun ini, naik 10 persen dibandingkan dengan tahun 2021.
Persentase penduduk asing di Korea yang pertama kali mengirimkan uang ke rekening mereka sendiri melampaui 20% pada tahun 2023, sebuah tonggak sejarah yang dicapai saat pandemi COVID-19 berakhir.
Baca juga: Gaji Pokok Tembus 23 Juta Per Bulan, Korea Selatan Masih Jadi Primadona, Kamu Mau?
Survei menunjukkan kurang dari separuh, atau 49 persen, mengirimkan uang kepada orang tua, saudara kandung, atau pasangan mereka.
Pada tahun 2021, 58 persen dari mereka yang disurvei mengirimkan uang kepada anggota keluarga mereka.
BC Card mengatakan 81 persen pelanggan layanan transfernya adalah pekerja bergaji.
Baca juga: Untung Ada Polisi Tainan, jika Tidak Jari Pria ini Nyaris Putus
Kelompok umur 20 hingga 39 tahun mencakup 63 persen dari total.
Kabupaten Yeongam di Provinsi Jeolla Selatan, yang memiliki populasi asing sejumlah 10.000 jiwa, mencatat jumlah pengeluaran tertinggi di provinsi tersebut.
Gimhae, tempat tinggal 20.000 warga negara asing, menyumbang 30 persen dari pengeluaran asing di Provinsi Gyeongsang Selatan.
Baca juga: Guncangan Besar di Dunia Pendidikan Taiwan: Ribuan Mahasiswa Terlantar!
“Lebih dari 2,6 juta penduduk asing tinggal di Korea. Kami akan terus menawarkan layanan yang memajukan kebijakan efektif berbasis data yang mencerminkan perubahan sosial,” kata BC Card, dikutip suarabmi.co.id dari Koreatimes.
Penduduk asing yang disertakan dalam survei memiliki catatan pengeluaran minimal tiga bulan selama enam bulan terakhir, berdasarkan data dari 3,5 juta toko keanggotaan BC Card di seluruh negeri.***