Kabar BMI

Nasib RK, TKW Taiwan Kaburan yang Babak Belur Diduga Ulah Majikan Ingin Meninggalkan Taiwan Bertolak ke Indonesia

×

Nasib RK, TKW Taiwan Kaburan yang Babak Belur Diduga Ulah Majikan Ingin Meninggalkan Taiwan Bertolak ke Indonesia

Sebarkan artikel ini

Setelah 14 bulan penuh derita akibat dugaan pelecehan dan siksaan oleh majikannya di Taiwan, seorang TKW Indonesia yang berstatus ilegal mengatakan bahwa dia ingin kembali ke negara asalnya.

Awal bulan ini, seorang netizen Indonesia memposting beberapa foto dan dua video ke halaman Facebook Breaking News Commune (爆料公社) yang menunjukkan banyak luka pada pengasuh wanita Indonesia yang tidak berdokumen tersebut. Rekaman itu menunjukkan luka di kepala, mata, telinga, gigi, dan kulit wanita itu.

Iklan

Pada 17 Juni, mnews memposting wawancara dengan korban, yang diketahui bernama depan “Reni.” Di awal wawancara, Reni terlihat memperlihatkan bekas luka bakar di bahu dan lehernya akibat air panas yang disiramkan majikan kepadanya.

Ini adalah contoh dari banyak dugaan pelanggaran yang dia derita selama 14 bulan di sebuah tempat tinggal di daerah kelas atas Tianmu Taipei. Atas permintaan wartawan, Reni kemudian melepas topengnya untuk memperlihatkan bekas luka di wajahnya akibat berbagai dugaan pemukulan, yang mengakibatkan giginya copot, penglihatan kabur di kedua mata, dan gendang telinga rusak.

Rekaman itu kemudian menunjukkan kakinya, yang katanya masih agak bengkak karena terluka. Ketika ditanya apakah bosnya telah memberinya makan, dia menjawab, “Ya, sangat terlambat, dan terkadang tidak sama sekali.”

Dia mengatakan bahwa terkadang ia baru diberi makan jam 1 sampai jam 2 siang atau sampai jam 5 sore. Dalam beberapa kasus, dia tidak akan makan sampai larut malam.